Senin, 26 Maret 2012

Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan


"Bermimpilah! Karena Mungkin Sebagian dari Mimpimu adalah Kehidupan Saat Ini"
Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan

Tidak ada yang terjadi, kecuali pada awalnya adalah sebuah mimpi.
Apa yang telah kita dapatkan saat ini bisa jadi tadinya hanyalah sebuah mimpi dimasa lalu yang akhirnya menjadi kenyataan.
Sering kali kita melihat orang yang telah mencapai kesuksesan sebagai orang yang luar biasa. Tapi, cobalah kita bertanya kepada orang tersebut, Apakah Ia merasa luar biasa? Ternyata tidak! Tidak jarang Orang yang kita anggap sebagai orang yang luar biasa ternyata Ia merasa biasa saja. Kenapa? Karena ternyata Ia telah terbiasa dengan aktivitasnya yang kita anggap luar biasa tersebut.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan yang sama. Namun, yang membedakan adalah usaha. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surat Ar-Ra’d:11 yang maknanya “Bahwasanya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu berusaha untuk merubahnya”. Satu poin penting yang sering kali kita abaikan yaitu “Usaha” itulah yang perlu kita lakukan.
Karya luar biasa hanya diciptakan oleh orang yang luar biasa, tentunya dengan usaha yang luar biasa pula. Dan setiap orang dapat menjadi luar biasa. Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak? Kesuksesan merupakan Sebuah Hak yang harus kita dapatkan. Dan untuk mendapatkannya, kita harus berusaha. Hal apa yang pertama kali harus kita lakukan? Mulailah mimpimu, dan raihlah. Lakukan saat ini juga!
Ada empat resep kesuksesan :
J  Tuliskan dengan jelas mimpimu
J  Rencanakan cara apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya
J  Buatlah targetan beberapa bulan kedepan hal apa yang harus dicapai
J  Ingatlah mimpi itu setiap hari, dan ucapkan pada diri sendiri bahwa
Misalnya:
“saya harus menjadi Seorang Guru”
“saya yakin dapat menjadi Seorang Guru”
“saya pasti bisa menjadi Seorang Guru”
Rencana yang besar tidak akan terjadi apabila hanya dituliskan dalam selembar kertas. Hal terpenting dari rencana tersebut adalah realisasi.
Sukses = Motivasi (Usaha + Kemampuan)
Motivasi sangatlah penting. Karena seringkali kita terpengaruh dan berhenti mewujudkan mimpi karena motivasi yang menurun. Apakah yang menyebabkan motivasi itu menurun? Sebenarnya menurunnya motivasi, dikarenakan menurunnya keimanan. Sehingga apabila motivasi menurun, yang harus dilakukan adalah memperbaiki keimanan. Bisa jadi kata melupakan kewajiban yang harus kita tunaikan.
Semua Usaha akan sia-sia apabila ketika menemui kegagalan kemudian berhenti begitu saja. Thomas Alfa Edison pun baru berhasil menemukan lampu setelah perconaannya yang ke 1000. Coba bayangkan apabila Ia berhenti di percobaan yang ke-999 bisa jadi sekarang kita masih hidup dalam kegelapan. ^_^”
Ketika hendak menyusuri jalan untuk meraih impianmu, jangan lupa untuk Berdo’a dan Bersedekah. Karena berusaha tanpa berdo’a itu Sombong, dan Berdo’a tanpa usaha itu Bohong. Ingatlah bahwa ada campur tangan Allah Swt dalam setiap hal yang terjadi di hidup kita.

                                                Elneza Qathrunnada Rf”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar